Thursday 5 February 2009

Pentingnya bahasa mandarin

Apa yang membuat bahasa mandarin menjadi penting saat ini.
1. Penduduk China adalah penduduk terbesar didunia, secara logika bahasa yg paling banyak digunakan di dunia saat ini adalah bahasa mandarin.
2. Perekonomian china yang saat ini semakin meraja di dunia membuat bisa berbahasa mandarin menjadi suatu nilai plus untuk bekerja di beberapa perusahaan asing dan nasional saat ini.
3. Meskipun bahasa inggris sudah populer di china, namun karena logat yang amat kental tetap saja membuat bahasa dikalangan expat china menjadi hambatan untuk berkomunikasi dengan orang expat china. Yang bisa dibilang inggris mereka adalah "Chinglish" alias chinainglish. yang tetap susah dimengerti oleh orang indonesia.
4. Bahasa mandarin yang juga menjadi salah satu bahasa PBB, adalah salah satu bahasa tersulit didunia sejajar dengan bahasa perancis.
5. Huruf mandarin yang bukan merupakan huruf alphabet, terdiri dari total 54ribu huruf, yang "cukup" di hafal dan digunakan "hanya" 3000 ribu huruf saja. Hal ini menambah sulitnya berkomunikasi dengan bahasa mandarin.
6. Mempunyai kemampuan bahasa mandarin menjadi nilai plus untuk melamar suatu pekerjaan , dan mendapat salary yg biasanya jauh lebih tinggi dibanding lulusan s1 pada umumnya.

No comments:

Post a Comment