Tuesday 3 March 2009

pilihan investasi setelah sma

Lulus sma? jurusan bahasa/ips. Bingung mau ngapain? SPMB takut ga ketrima, secara otak pas-pasan. Punya bakat ngomong cas-cis ? Kenapa ga pilih jadi guru mandarin aja.
Tau ngga rate pengajar mandarin di jakarta sekarang adalah harga tertinggi di antara pengajar bahasa yang lain. Ini untuk freelance. Yang full time, kemarin saya baca lowongan untuk fresh gradudate dengan HSK cmn level 6 bisa mendapat salary 2,5-3,5jt.
Bandingkan dengan lulusan s1 universitas swasta di indo.. sekolah lama 4 tahun itu pun kalo selesai ontime, biaya yang dikeluarkan juga ga sedikit. Bingung cari kerja sana kemari s1 paling cm dapat 1,8jt sebagai teller di bank. Secara biaya hidup dijakarta udah berapa. Habis buat ongkos dijalan.

Sebagai informasi aja, biaya kuliah di china Shandong University satu tahun ( 2 semester) 18ribu yuan sekitar 32juta/th(kurs 1800).
Estimasi kasar saja untuk biaya kuliah pertahun include meal(pokok) dan asrama serta biaya pesawat PP(1th pulang 1x) +visa+paspor+penjemputan+ asuransi biayanya sekitar60rb-65rb yuan pertahun atau sekitar 100juta rupiah/tahun, karena nilai yuan yang semakin lama semakin meningkat mungkin biaya ini dirasa berat. Namun setelah pulang dan menjadi guru di sekolah global mandiri misalnya 6juta rupiah perbulan dengan mudah anda dapatkan ditangan. Bahkan ada guru freelance dengan bekal mandarin bisa mendapatkan 20juta/bln. Jam kerja bebas, tidak terikat. Pekerjaan yang ringan namun hasilnya pasti.

Memang ini bukan jaminan, namun harus dengan kemauan, dan keyakinan. Siapapun yang mau berjuang pasti ada hasilnya.

No comments:

Post a Comment